Komplek Panorama Indah Sindeka Salak, Kab. Pakpak Bharat, Sumatra Utara 22272
Telp/Fax: (0627) 7433003
Berita

SEKDA KABUPATEN PAKPAK BHARAT BUKA SOSIALISASI PERDA NOMOR 9 TAHUN 2016 TENTANG RTRW

Kamis, 7 Desember 2017

Sekretaris Daerah kabupaten Pakpak Bharat  membuka acara sosialisasi peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2016, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Balai Diklat Cikaok Kecamatan STU Julu, Rabu (6/12).

Dalam sambutan Bupati Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, yang dibacakan Sekda Kabupaten Pakpak Bharat Sahat Banurea, S.Sos, M.Si mengatakan, untuk mengarahkan Rencana Tata Ruang Wilayah di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat harus selaras seimbang dan berkelanjutan dalam rangka kesejahteraan masyarakat. “Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah menyusun kebijakan penataan ruang dengan tetah ditetapkannya Perda Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Tersusunnya Perda ini diharapkan dapat mewujudkan ruang wilayah Kabupaten Pakpak Bharat yang aman, nyaman, produktif dan berkualitas yang didukung oleh system pemukiman dan pengelolaan sumberdaya yang berdaya saing, bekelanjutan, serta pengembangai kawasan perbatasan negara sebagai beranda depan. Selain itu, kebijakan ini juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan kepentingan semua stakeholder dalam pembangunan dikabuapten Sintang”. tambahnya

Remigo juga menegaskan, bahwa tahapan yang paling krusial adalah bagaimana kita mengimplementasikan Perda RTRW ini agar bisa berjalan efektif dan efisien, sehingga  kegiatan sosialisasi ini menjadi momentum yang baik untuk menyatukan persepsi semua stakeholders sehingga mampu melihat titik-titik keseimbangan dan masing-masing kebutuhan semua sector serta mampu mendorong memajukan antar sector dalam penerapan RTRW.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pakpak Bharat  Jalan Berutu S.pd, MM mengatakan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2016, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dalam sambutannya menyatakan, kegiatan sosialisasi ini penting sebagai upaya menyampaikan informasi berbagai kebijakan Penataan Ruang Kota yang telah ditetapkan agar diketahui bersama, karena kebijakan yang telah ditetapkan dalam rencana tata ruang kota, harus dilaksanakan bersama sesuai ketetapan yang telah ditetapkan. dengan mengundang Narasumber  dari Provinsi Sumatera Utara mewakili Kepala Bappeda Provsu Frans Togi Gultom, ST dan mewakili DPRD Kab. Pakpak Bharat Mansehat Manik, S.Pd, M.Pd yang diikuti oleh para Camat, Para Kepala Desa, Sekretaris Desa, Para Ketua BPD, Para Perangkat Kecamatan dan Perangkat Desa , serta beberapa Pejabat Pemerintah kabupaten Pakpak Bharat.