Komplek Panorama Indah Sindeka Salak, Kab. Pakpak Bharat, Sumatra Utara 22272
Telp/Fax: (0627) 7433003
Berita

PERINGATAN HARDIKNAS TAHUN 2019 TINGKAT KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Jumat, 3 Mei 2019

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 tingkat Kabupaten Pakpak Bharat dilaksanakan di Lapangan Napasengkut, Salak, pada Kamis pagi (02/05). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, dan Komandan Upacara, Ka. Dinas Dukcapil, Petrus Saragih, SE, MM, yang dalam kesempatan ini juga dilakukan pengibaran bendera merah putih oleh para Paskibra Kabupaten Pakpak Bharat.

Inspektur Upacara dalam peringatan ini membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, yang menyampaikan pesan agar di Hardiknas ini para pengajar mengawasi perilaku dan sikap peserta didik di tengah-tengah perkembangan teknologi yang pesat. Meski begitu, para guru juga diminta untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat ajar yang berkualitas.

"Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat," jelas beliau. Kepada semua sekolah dan tempat pendidikan diminta dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Dia meminta para guru bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi tanpa melupakan budaya Indonesia.

"Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat," ucapnya.

Hari Pendidikan Nasional pada tahun ini yang bertemakan ‘Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan’ turut dihadiri anggota DPRD Ronald Lubis, Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si beserta para jajarannya dan para pelajar yang menjadi peserta upacara. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)