Komplek Panorama Indah Sindeka Salak, Kab. Pakpak Bharat, Sumatra Utara 22272
Telp/Fax: (0627) 7433003
Berita

Monitoring dan Evaluasi Triwulan II Lingkup Pemkab Pakpak Bharat

Senin, 22 Juli 2019

Diawal semester II tahun anggaran 2019 ini, Pemkab kembali melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) triwulan II, di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pada Senin pagi (22/07) dengan dipimpin oleh Asisten Administrasi dan Pembangunan, Supardi Padang, SP, MM. Tampak seluruh pimpinan OPD, termasuk para Camat dan para pejabat terkait hadir dalam kegiatan yang mencoba mengeksplorasi realisasi dan serapan keuangan masing-masing lembaga.

Ka. Bagian Bangekos Setda, Iwan Taruna Berutu, ST, MM,  memaparkan tentang kondisi keuangan masing-masing OPD, mulai dari serapan belanja tidak langsung (BTL) dan belanja langsung (BL) sesuai arus kas, serapan PAD sesuai arus kas, realisasi belanja dan PAD total 28 OPD, realisasi total belanja dan PAD Kabupaten, serta progress PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa).

Dalam grafik yang ter-display secara detail dan spesifik, terlihat sejauh mana pergerakan keuangan masing-masing OPD, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Masing-masing pimpinan OPD dan para pejabat terkait diminta langsung responnya guna menjadi catatan-catatan perbaikan dalam rangka memaksimalkan monitoring dan evaluasi ini.

Ka. Subbagian Pengadaan PEP, Bangekos Setda, Deli Mariaty Banurea, S.Pt, MT, saat dikonfirmasi mengutarakan bahwa serapan BTL terlihat rendah, terutama pada belanja bunga, bantuan sosial, bagi hasil, bantuan keuangan dan belanja tidak terduga. Untuk belanja langsung sangat rendah terutama pada penyerapan belanja modal. Untuk realisasi PAD, terdapat 11 OPD yang masih rendah sesuai arus kas.

Menurutnya, berdasarkan analisis realisasi keuangan, perlu percepatan realisasi kegiatan mengingat tahun anggaran sudah memasuki triwulan ke-3. Selain itu perlu percepatan pada pelaksanaan pemilihan penyedia (tender/nontender) atas paket-paket pekerjaan, terutama pekerjaan konstruksi yang membutuhkan waktu pelaksanaan yang cukup lama. (Sumber berita: Bagian Humas dan Bangekos Setda Kab. Pakpak Bharat)